sarunghp

sarung hp

Rabu, 30 Mei 2012

Ciri Kenari Jantan dan Betina


Menentukan jenis kelamin burung kenari bukanlah hal yang mudah, tidak hanya bagi para pemula, yang telah mempunyai banyak pengalaman tentang burung yang satu ini pun cukup kesulitan saat dihadapkan pada masalah penmentuan jenis kelamin burung kenari. Berikut ini B'dane akan sedikit share tips untuk menentukan jenis kelamin burung kenari, namun perlu di ingat, tips yang akan B'dane share bukanlah hal mutlak yang menentukan jenis kelamin kenari:.


  1. Dimulai sejak umur 3 hari, pembuluh vena yang berada di sebelah perut akan turun menuju lubang angin / dubur (biasa disebut “vent”) dan selanjutnya akan menuju kebagian depan  “ vee “ yang berada dibagian depan “vent , hal ini terlihat pada kenari jantan berusia muda. Sebaliknya, pembuluh vena tidak akan terlihat pada kenari betina. Meskipun pembuluh vena ada pada kenari jantan , sebaiknya tetap kita analisa sebelum kenari jantan tumbuh bulu.
  2. Saat memasuki hari ke 5-8, ambillah semua anak kenari dari sarangnya (anak kenari dari satu indukkan yang sama) kemudian letakkan pada handuk posisi sejajar seperti posisi kuda pada acuan balap kuda. Kenari yang mempunyai jarak lompatan terjauh adalah kenari jantan.
  3. Burung- burung tersebut jika diperhatikan mempunyai pusat kaki bawah yang panjang sementara yang lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran yang sama.
  4. Lihatlah bagian tulang belakang mereka. Di sepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat . Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang. Dengan cara itu bisa diidentifikasi.
  5. Sebelum anaka-anak kenari tersebut berbulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih (datar).Untuk yang betina lebih bulat.
  6. Sekitar usia 6 – 7 hari anak2 kenari tersebut mulai membuka mata. Jika jantan maka matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.
  7. Ketika anak2 kenari diberi makan disarangnya oleh induknya .perhatikan tingkah laku anak2 tersebut. Yang berdiri paling tinggi , teriak paling keras dan yang paling ingin diberi makan duluan itu berarti yang jantan. Yang betina kakinya lebih pendek makanya mereka tidak berdiri tinggi dan karenanya mereka diberi makan lebih sedikit dibanding yang jantan.
  8. Usia 28- 30 hari beberapa kenari2 muda terlihat mempraktekkan suara mereka untuk berkicau dengan baik. Bukan yang paling awal berkicau itu yang terlihat paling baik, burung 2 tersebut hanya suka berlatih berkicau lebih awal saja.
  9. Sekitar 5 bulan atau 5 bulan lebih 2 minggu, kenari jantan bisanya warnanya lebih terang. pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya dibagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.
  10. Seandainya usia 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya ,kenari2 yang dicampur diantara kenari2 maka. Kenari betina akan duduk lebih rendah lebih dikarenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terimakasih atas komentarnya. kritik dan saran sangat membantu untuk perbaikkan blog ini