sarunghp

sarung hp

Sabtu, 14 April 2012

BURUNG KACER

Magpie Robin adalah nama keren dari burung yang satu ini, atau orang-orag indonesia sering menyebutya dengan sebuta burug kacer. Dua jenis Burung kacer di indonesia yang ada saat iniadalah  kacer hitam atau lebih dikenal dengan nama kacer jawa dalam bahasa latin Copsychus sechellarum, keren ya bahasa latinnya.hehehe… sedangkan yang satu lagi adalah kacer poci yang ini latinnya Copsychus saularis,juga lebih dikenal dengan nama kacer sumatra, mungkin karena awal ditemukannya di sumatra kaleee….hehehe…

KACER SUMATRA-KACER POCI
Perbedaan fisik yang mencolok pada kedua burung ini adalah pada warnanya. Kacer jawa atau Copsychus sechellarum  semua bulunya berwarna hitam dari dada sampai kedekat kloakanya, sementara kacer poci atau Copsychus saularis mempunyai bulu yang berwarna putih dimulai dari dadanya sampai bulu di daerah kloakanya. Ada lagi jenis yang lain, tapi yang ini bukan dari idonesia dan benar-benar mirip dengan kacer sumatra atau kacer poci tadi, yaitu Copsychus albospecularis atau kacer madagaskar.

KACER JAWA-KACER HITAM
Burung Kacer sangat pintar menirukan suara disekelilinnya selain itu juga mempunyai suara yang sangat nyaring dan keras. Saat burung ini berkicau pasti sobat b’dane terpukau, karena selain suara yang indah tadi,  saat berkicau burung ini juga tampil aktraktif dengan membuka ekornya dan memainkannya. Maka tidaklah hera kalau banyak sekali orang-orang baik itu penggemar burung atau hanya sekedar penikmat, menjatuhkan pilihan kepada burung kacer sebagai hewan peliharaan.

KACER MADAGASKAR
Tidak hanya itu sobat b’dane, merawat burung kacer juga cukup mudah karena burung kacer termasuk jenis burung yang mudah beradaptasi. Yang paling penting  makananya, baiknya sobat b’dane memilih makanan yang mempunyai kandungan protein kisaran 12% samapai 18%. Dan sebagai tambahanya sobat bisa berikan makanan segar seperti jangkrik atau ulat hongkong atau bisa juga kroto, sehari cukup dua kali pada pagi hari dan sore harinya.

Selain dari makanan, sobat perlu memandikannya tiap pagi dengan cara menyemprotnya dengan menggunakan handspray atau sejenisnya, kemudian menjemurnya , waktu yang tepat untuk penjemuran sekitar jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Oya, burung ini termasuk burung yang suka panas, saat panas dia akan lebih mudah untuk berkicau. Tapi bukan berarti sobat harus menjemurnya seharian yah… mentang-mentang burungnya suka panas, seharian dijemur…bisa-bisa kering tu burung kacer.hehehe… jangan lupa juga untuk menjaga kandang atau sangkar dari burung kacer ini agar tetap bersih, bersihkanlah alas sangkar dari kotorannya setiap hari agar tidak menjadi bibit penyakit bagi kacer.

Untuk melatih kic au burung ini, setelah dijemur, sangkar harus diberi kerodong, selanjutnya perdengarkan pada burung kacer sobat, CD atau MP3 yang berisi rekaman kicauan burung, baik itu rekaman suara kicau dari burung kacer itu sendiri ataupun suara kicau dari burung agar suara yang dihasilkan bisa lebih bervariasi. Dekatkan posisi CD atau MP3 sedekat mungkin dengan posisi burung kacer, agar hasilnya maksimal.

Saat sore hari atau saat matahari mulai condong kebarat, sobat bisa melepas kerodongnya dan memandikannya lagi kemudian meng-angin-anginkanya sebentar. Setelah itu kembali dikerodong dan kembali melatih suaranya dengan cara sama seperti sebelummnya. Lakukan ini tiap hari dan b’dane yakin, kacer sobat pasti akan tambah top markotop. Hehehehe…

Demikian dari b’dane sedikit tentang apa itu kacer dan sedikit tips tentang perawattannya. Untuk perwatan yang lebih lengkap akan b’dane share di artikel2 selanjutnya. Uokey… selamat bermalam minggu, karena ternyata hari ini tuh malam minggu. Hehehehe/……

DOWNLOAD FILM GRATIS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terimakasih atas komentarnya. kritik dan saran sangat membantu untuk perbaikkan blog ini