sarunghp

sarung hp

Rabu, 18 April 2012

MASIH JENIS KENARI

Masih tentang jenis-jenis kenari yang ada saat ini sobat b'dane. Lanjutan dari artikel sebelumnya Fancy Canary, berikut ini b'dane akan share tentang jenis-jenis kenari lainnya. Sebagai catatan, tidak semua jenis kenari yang b'dane share ini terdapat di Indonesia. Semoga sobat b'dane terhibur.

Color Bred Canary
Color Bred Canary
Jenis yang satu ini termasuk dalam jajaran varietas kenari yang paling populer. Hampir di seluruh pelosok dunia Color Bred Canary ini dipelihara orang. Burung ini banyak dipelihara karena keindahan warnanya, dengan body yang relatif kecil. Untuk perlombaan, selain harus cantik, burung ini juga harus aktif dan menghibur. Color bred canary juga cukup mudah untuk dipelihara, namun sayangnya burung ini tidak mudah berkembang biak.oleh karenanya, diperlukan perhatian khusus dalam proses penangkarannya agar menghasilkan keturunan yang berwarna-warni pula.

Pengembangan varietas Color Bred Canary bisa dibilang relatif baru, sekitar pertengahan tahun 1900. Sampai saat ini telah ada ratusan versi untuk jenis Color Bred Canary.

Crested Canary

Crested Canary termasuk dalam Posture Canaryy” atau “Type Canary”. Burung ini telah ada sejak tahun 1950, awalnya dikenal dengan sebutan “turn Crown”dan pada abad ini lebih dikenal dengan sebutan “King Of The Fancy”.  CREST Canary ada dua jenis, yang bermahkota dikepalanya dan yang polosan tanpa mahkkota.
Crested Canary
 Dalam skala lomba untuk jenis yang bermahkota, mahkotanya  haruslah besar serta mengembang. Dimulai dari tengah-tengah kepalanya kedepan sampai hampir sejajar dengan matanya hingga matanya hampir tertutup. Begitu juga dengan bagian belakang, mahkotanya haruslah mengembang sampai dibelakang kepalanya. Tak hanya itu, mahkotanya haruslah tebal dan luas serta bulu-bulunya lebat lembut dan lebat.Crested Canary termasuk kenari yang berbadan besar. Oleh karenanya kepala dan lehernya haruslah besar dan pendek, badan bidang.

Lizard Canary
Lizard Canary
Lizard Canary, burung kecil cantik nan elok ini termasuk dalam “type Canary” sempat hampir punah pada awal tahun 1900an, penyebabbnya dua peristiwa besar dunia, PD1 dan PD2, juga merebaknya wabah penyakit saat itu. Populasi Lizard benar-benar berkurang, hanya tersisa beberapa pasang saja ketika kembali dikembangkan pada pertengahan tahun 1940an. Ini semua tidak lepas sdari kerja keras Lizard Canary Association (asosiasi kenari kadal) di Inggris Raya yang dibentuk pada tahun 1945. 

Lizard Canary
Kenapa “Lizard”lah nama yang disandang burung ini? Jawabannya karena pola warna bulunya yang sangat mirip dengan sisik kadal. Didominasi warna coklat kekuningan dan warna putih, Lizard Canary kembali populer saat ini, setelah pengembangan di prancis tahun pada 1700an terpuruk akibat adanya dua perang dunia dan wabah penyakit yang menjangkit.

Northern Dutch Frilled Canary

 Dikembangangkan pada abad ke 18 sebagai “Type Canary” dengan golongan “frill”. Walaupun pada  umumnya Frill Canary tergolong sebagai kenari bertubuh besar karena ukuran panjangnya bisa melebihi 20 cm, namun untuk jenis yang satu ini termasuk frill yang kecil dengan ukuran panjang rata-rata 15-16 cm. 

Northen Dutch Frilled Canary
Dalam skala lomba, burung ini wajib memilikki tiga bagian bulu antara lain jabot, fin dan mantle. Jabot adalah bagian dibagian dadanya yang berombak dan menggulung kearah dalam,  jabot harus datang dari setiap sisi dada dan membentuk satu kerutan yang masing2 bertemu dibagian tengahnya. Jika dilihat,seolah bentuk kerang yang sedang tertutup. Fin, adalah bagian bulu yang datang dari paha. Panjang dan berjumbai, bergerak keatas sampai kesekeliling sayap. Sementara mantle adalah bagian bulu dipunggungnya yang seolah membelah  punggun dan jatuh secara sintetis.

Northen Dutch Frilled Canary
Jika  seorang pengembang berhasil mengembangkan burung ini, maka akan tampak keindahan dari pesona bulunya yang terbalik (frill), namun sebaliknya, jika kegagalan yang datang, burung ini akan tampak buruk karena kesan ganjil yang ditimbulkan dari bentuk tubuhnya itu.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis kenari yang belum b'dane share. tapi tenang saja kawan, sebisa mungkin akan b'dane share selengkap mungkin tentang jenis kenari di postingan selanjutnya. semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua tentang pesona burung yang satu ini.

DOWNLOAD FILM GRATIS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terimakasih atas komentarnya. kritik dan saran sangat membantu untuk perbaikkan blog ini