sarunghp

sarung hp

Senin, 23 April 2012

PERAWATAN PADA KUKU KAKI KENARI

Yang berikut B'dane akan share sedikit tips untuk merawat kuku dan sisik pada kaki burung kenari. Nha, kira-kira perlu ga perawatan kuku dan sisik pada kaki burung kenari? B'dane kira, sobat sudah mengerti akan cukup pentingnya perawatan perawatan ini. Yups.. penampilan dari burung ini jika berkuku panjang dan bersisik tebal pasti akan mengurangi pesona keindahan dari burung tersebut. Selain itu, jika burung berkuku panjang, maka daya cengkraman kaki-nya pada rangkringan akan berkurang. Ini jelas akan merepotkan kenari itu sendiri. Tak hanya itu sobat, kuku yang panjang bisa juga mengakibatkan cideranya burung tersebut apabila kuku-kukunya tersangkut pada jeruji sangkar atau bisa juga terluka saat kaki mencengkram batang tangkringan yang kecil, ujung kuku bisa saja mennyentuh dan melukai bagian belakang kakinya.

Sebenarnya, merawat sisik kaki pada kenari bisa sobat lakukan sebelum sisik pada kaki kenari tersebut semakin menebal. Yaitu cukup dengan mengoleskan minyak tawon pada sisik-sisiknya menggunakan kapas. Lakukan ini secara rutin antara 3-5 hari sekali. Namun jika sisik kenari yang sobat pelihara terlanjur menebal. Sama seperti cara yang pertama, dan tunggulah beberapa saat. Sisik-sisik yang telah diolesi minyak tawon tersebut akan melunak, selanjutnya koreklah sisik-sisik tersebut secara pelahan dengan menggunakan jari tangan kita.
Memotong Kuku Kenari
Sedangkan untuk merawat kuku kaki burung kenari. ada dua hal yang harus sobat lakukan. Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah dengan memotong kuku kaki burung secara rutin. Caranya tidak sulit sobat, namun harus tetap hati-hati. Pertama siapkanlah gunting atau alat pemotong kuku lainnya. Selanjutnya, peganglah burung dengan menggunakan tangan kiri, sementara tangan kanan siap dengan alat pemotong kuku (lihat gambar memotong kuku kenari). Ingat sobat, jangan memotong kuku kenari terlalu pendek. Karena dikhawatirkan akan mengenai pembuluh darahnya. Karena jika sampai terpotong, akan sulit untuk menghentikan pendarahannya.
Hal yang kedua yang perlu sobat lakukan adalah memberinya tangkringan yang kasar. Sobat bisa membeli tangkringan di pasar-pasar burung, atau toko yang menjual asesoris pemeliharaan burung. Tanggkringan produk pabrik biasannya telah dilapisi pasir pada permukaanya. Lapisan pasir atau ampelas tersebut berfungsi untuk mengikis kuku-kuku pada burung agar tak terlalu panjang.
Berikut ini adalah contoh gambar tangkringan produk pabrik yang telah dilapisi ampelas.
Tangkringan Berampelas
Ket: 
-Warna hitam  : permukaan berlapis amplas
-Warna putih   : permukaan tanpa lapisan amplas
-A dan B         : terletak disisi kanan kiri tangkringan, berfungsi untuk mengasah paruhnya juga
                        membersihkan paruh burung seusai makan
-C                  : berfungsi untuk mengasah kuku agar tak terlalu panjang.
 
Sobat sekalian, jika kita lihat, di alam bebas burung-burung mempunyai kuku yang tidak terlalu panjang juga paruh nya yang tajam. Entah bagaimana mereka merawat itu semua, yang jelas ada media tertentu yang mereka gunakan untuk melakukan itu. Sedangkan burung yang hidup disangkar ataupun burung yang kita pelihara mempunyai media yang terbatas untuk melakukannya. Oleh karena itu, kita yang dalam hal ini adalah tuan si burung, berkewajiban untuk menyediakan fasilitas bagi burung yang kita pelihara agar burung tersebut bisa merawat dirinya sendiri dari naluri alamiah yang mereka milikki.
Demikian sedikit dari B'dane, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.. :)

DOWNLOAD FILM GRATIS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terimakasih atas komentarnya. kritik dan saran sangat membantu untuk perbaikkan blog ini