sarunghp

sarung hp

Senin, 30 April 2012

PERKUTUT KATURANGGAN

KATURANGGAN PERKUTUT SECARA UMUM


Secara umum perkutut katuranggan erat kaitanya dengan perkutut lokal. Pada tradisi jawa jaman dahulu, burung ini sangat diyakini memilikki kekuatan ghoib yang bisa memberikan rizki, ketentraman dan kebahagiaan keluarga serta dapat membantu dalam kenaikkan pangkat atau jabatan. Namun dalam perkembangannya kearah modern, kepercayaan seperti ini semakin menhilang. Dan menurut b’dane sendiri sebagai seorang muslim, memang tidak selayaknya kita menjadikan sesuatu sebagai jimat atau pegangan untuk mendapatkan kebaikkan. Karena pada dasarnya, rizki, jodoh dan ajal telah diatur dan ditentukan oleh Allah SWT.

Tradisi menikmati kemerduan suara perkutut ini dimulai sejak jaman kerajaan majapahit. Pada masa itu, burung perkutut hanya dipelihara oleh keturunan-keturunan nimrat kerajaan. Yang kemudian kedepaanya, semakin berkembang dibawah keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dibawah kepemimpininan Hamengku Buwono VII, tahun 1877-1921.
Pada masa itu,  perkutut sangat erat kaitannya dengan wibawa seorang pria dalam budaya keraton. Perkutut masuk dalam 5 syarat yang harus dimilikki seorang seorang Pria Sejati yaitu Wisma Garwa Curiga Turangga lan Kukilo yang berarti Rumah Istri Keris Kuda dan Perkutut.

Berikut ini sedikit contoh perkutut katuranggan dari 
mitosnya :

Perkutut Lurah: perkutu ini warna dan corak bulu didadanya sepintas mirip dengan ular. Dengan corak lurik didada yang lebih terang dari pada bulu lainnya, begitupun lurik yang dimilikki ular. Perkutut ini banyak tinggal dihutan. Istimewanya perkutut ini,  saat waktu makan tiba, burung perkutut yang lain sebagai anak buahnya, akan membawakan makanan baginya dan bahkan menyuapinya. Oleh karena kewibawaan besaarnya yang dipercaya mendatangkan rizki dan kedudukan inilah perkutut ini banyak dipelihara oleh kalangan ningrat atau para pejabat.

Perkutut Songgo Ratu: dipercaya sebagai jelmaan dari seoarang pangeran Bali pada jaman Majapahit yang melarikan diri dari kejaran musuhnya sampai ke seberang tepatnya Desa Tutul, Blambangan di Banyuwangi, yang akhirnya terbunuh dan kemudian menjelma menjadi seekor perkutut. Perkutut Songgo Ratu ini sangat khas dengan jambul dikepala seolah tampak seperti mahkota yang berwarna putih. Sifatnya yang suka menyendiri dan tidak terlalu suka berkeliaran menunjukkan sikap keningratannya, tempat hidupnya banyak dihabisskan di tempat sepi seperti dikuburan atau didalam gua. Kuat menahan lapas dan haus hingga berhari-hari. Jika sedang tidur, selalu memilih tempat yang paling tinggi daripada perkutut lainnya. Karena kewibawaanya inilah perkutut-perkutut yang lain yang berada didekatnya akan takut untuk berbunyi. Warna bulunya kehitam-hitaman, begitu pula warna paruh dan kakinya. Dipercaya mampu menangkal santet dan 

Perkutut Putih: mitosanya, sebelum seseorang yang akan memelihara perkutut ini benar-benar memeliharanya, perkutut ini akan datang terlebih dahulu lewat mimpi yang menjelma sebagai orang tua dengan penampilan yang serba putih layaknya seorang wali atau semacamnya. perkutut yang diyakini hasil perkawinan saudara sekandung ini, tidak serta merta setiap bertelur dan menetaskan anaknya akan langsung berwarna putih. Biasanya menunggu hingga beberapa generasi, dalam kurun waktu 5-10 tahun. Sesuai dengan namanya, seluruh bulu pada burung ini berwarna putih dengan mata berwarna merah dan paruhnya kelabu kemerahan serta kaki yang berwarna merah dengan corak garis-garis hitam dan berkuku putih. Perkutut ini sangat banyak dicari, selain kelangkaannya, perkutut ini dipercaya mampu mendatangkan kekayaan yang berlimpah bagi ang memilikkinya. Pada jaman dahulu, hanya dipelihara oleh raja atau para pemimpin besar.

Perkutut Hitam / Kol Buntet: tidak banyak informasi tentang perkutut yang satu ini, yang jelas, jika dilihat dari namanya, perkutut ini berwarna hitam. Dan jika dipelihara mampu mendatangkan keberuntungan.
Selain bebrapa contoh katuranggan perkutut di atas, masih ada jenis-jenis katuranggan yang lain, diantaranya, Perkutut Pendawa Mijil, Perkutut Udan Emas, Perkutut Daring Kebak/Tembus, Perkutut Mercu Jiwa, Perkutut Rondo Semoyo, dan yang lainnya dengan keunggulan dan fungsinya masing-masing.

 

KATURANGGAN PERKUTUT


Katuranggan berasal dari bahasa jawa dengan 2 suku kata, “katur” yang berarti pemberitahuan dan “angga” yang berarti tebuh. Dalam dunia penggemar perkutut, istilah katuranggan tidak bisa lepas begitu saja. Pengetahuan tentang katuranggan sangat penting dalam memilih dan menentukan kualitas seekor burung perkutut. Apalagi jika harga dari seekor perkutut mencapai jutaan rupiah atau lebih. Seorang calon pembeli, mutlak harus memperhatikan faktor katuranggan ini, umumnya seorang calon pembeli akan meminta kepada si pedagang utuk diijinkan memgang perkutut guna melihat katuranggannya. Karena dari katuranggan ini, kualitas suara seekor perkutut atau bakalan perkutut bisa di ramalkan kelasnya.
Beberapa hal yang perlu diketahui dan telah menjadi suatu patokan dari katuranggan perkutut adalah sebagai berikut:

Perkutut dengan bentuk kepala “njambe” atau bulat lonjong. Perkutut dengan katuranggan seperti ini diramalkan mempunyai kualitas suara yang maksimal. Kemerduan suara perkutut katuranggan seperti ini mampu bertahan hingga perkutut tersebut tua. Biasanya perkutut seperti ini paling banyak dicari dan dikategorikan dalam katuranggan yang terbaik.

Perkutut dengan bentuk kepala “mbeton nongko atau seperti lonjong seperti biji nangka. Kemerduan suara perkutut dengan katuranggan seperti ini cukup bagus dan mampu bertahan hingga perkutut tersebut telah tua. Akan tetapi katuranggan seperti ini kualitas suaraya kurang maksimal.

Perkutut dengan bentuk kepala yang bulat layaknya mata uang. Perkutut dengan katuranggan seperti ini mempunyai kualitas suara yang cukup bagus dan akan terus meningkat sampai pekutut tersebut berumur kurang lebih 24 tahun. Namun setelahnya, kualitas suara yang dimilkki perkutut tersebut, akan menurun.

Perkutut dengan bentuk paruh ngepel layaknya buah burahol dan mempunyai bentuk badan seperti bunga pisang atau biasa disebut ngonthong, serta memilikki ekor tyang meruncing. Perkutut dengan katuranggan seperti ini diramalkan mempunyai kualitas suara bagus dengan suara tengahnya yang jelas dan bersih. Katuranggan seperti ini bisa dibilang masuk dalam kategori katuranggan terbaik.

Perkutut dengan bentuk paruh seperti bulir padi atau biasa disebut nggabah, dengan bentuk badan yang seperti buah nangka serta ekornya yang cukup panjang namun bagian belakan tumpul. Kualitas yang dimilikki mirip dengan katuranggan ngepel, namun masih berada dibawahnya.

Yang terakhir, perkutut dengan bentuk paruh yang seperti pelepah pisang, biasa disebut mapah gedhang. Bentuk badan seperti kelapa muda dan ekornya yang pendek meruncin. Katuranggan seperti ini kualitas suara tengah cukup baik dan berada sedikit di bawah katuranggan nggabah.

Walaupun sobat bisa melihat ciri-ciri perkutut dari katuranggan yang di milikkinya, namun tetap sobat harus melihat kesempurnaan perkutut dari segi fisik yang lainnya. Sobat bisa membuka kembali artikel sebelumnya tentang ciri-ciri fisik pekutut yang baik di “memilih bakalan perkutut” atau di “ciri perkutut lokal”.

DOWNLOAD FILM GRATIS

Rabu, 25 April 2012

TIPS MERAWAT TELUR DAN ANAK KACER

MASA PENGERAMAN

Melanjutkan artikel sebelumnya TIPS MENJODOHKANKACER kali ini akan b’dane lanjutkan saat masa pengeraman dan perawatan anak kacer yang baru menetas. Seperti halnysa pada burung-burung yang lainnya, pada saat kacer mengerami telurnya, lingkungan dan kondisi yang tenang sangat dibutuhkan, selain itu harus kita pastikan burung tersebut bebas dari gangguan hewan yang mengancam keamanan telurnya, yups, yang b’dane maksud adalah bebas dari kucing dan tikus atau bisa juga hewan predator lainnya. Tak hanya itu, hewan parasit yang lainnya pun juga bisa mengganggu masa pengeraman telur ini, contohnya semut, kecoak, dll. 


 Hewan-hewan parasit tak secara langsung mengakibatkan kegagalan masa pengeraman telur, namun kehadiran hewan parasit ini bisa memicu ketidak nyamanan si induk yang sedang mengeraminya, akibatnya, induk akan sering meninggalkan pengeramannya, dan kondisi ini akan mengakibatkan suhu yang diperlukan telur untuk menetas tidak mencukupi, hingga akhirnya telur gagal untuk menetas. Lebih fatal lagi, induk akan merusak sarangnya sendiri, bahkan memakan telurnya sendiri karena ketidaknyamanan yang diakibatkan parasit-parasit tersebut.

Selanjutnya, hal yuang perlu dilakukkan adalah mengurangi EF untuk si induk. Karena pada dasarnya, EF seperti jangkrik atau yang lainnya adalah makanan yang memicu birahi dan sifat agresif si induk. Pemberian ekstra food (kroto atau jangkrik dll) dengan porsi sedikit diatas porsi normal saat burung tidak mengerami bisa sobat lakukan lagi saat usia pengeraman memasuki hari ke 12. Karena pada umumnya telur akan menetas di hari ke 14. Hal ini dimaksudkan sebagaai antisipasi agar saat si telur menetas, s induk telah siap memberikan makanan pertama pada “piyek” nya dari ekstrafood yang sobat berikan.

MASA PERAWATAN ANAK KACER

Yups.. akhirnya menetas juga, selanjutnya sobat perlu untuk memisahkan anak kacer dari induknya. Next, kita pilih hari yang tepat untuk perpisahan mereka.. (ueits, kayak sinetron ajah.hehehe…). hari ke 5 sampai hari ke 10 setelah menetasnya telur adalah hari yang tepat untuk memisahkan anak kacer dari induknya. Bukan tanpa alasan sobat, saat usia piyek kacer masih dibawah 5 hari, kondisi piyek masih terlalu lemah, akibatnya akan susah bagi sobat untuk menyuapi piyek kacer. Sedangkan jika usia usia piyek lebih dari 10 hari, dia akan takut dengan kehadiran manusia, tentunya inipun akan membawa kesulitan bagi sobat untuk merawatnya. Akibat pemilihan waktu yang tidak tersebut, sudah jelas akan mengakibatkan hal yang buruk bagi si piyek. Yups.. KEMATIAN. Hehehe…

Piyek kacer yang telah sobat pisahkan dari induknya tesebut bisa ditempatkan di wadah yang terlapisi dengan bahan yang sama pada sarang tempat bertelur dan mengeram. Supaya lebih aman dan nyaman bagi si piyek kacer, b’dane sarankan tambahkan kapas yang lembut di bagian atas sarang. Selanjutnya piyek bersama sarang barunya, sobat letakan dalam kotak kayu atau yang lainnya dan berikan lampu yang berfungsi untuk menghangatkan piyek.

Untuk pengaturan makananya, berikan kroto yang telah dibersihkan dari kotorann dan bangkai-bangkai semutnya. Campuri kroto dengan sedikit air agar memudahkan piyek saat menelannya. Suapi piyek perlahan dengan menggunakan supit atau alat yang lainnya yang sekiranya cocok dan sesuai untuk digunakan sebagai alat menyuapi piyek.  Setelah usia 7 hari, sobat bisa menambahkan voer sebagai campuran kroto. Untuk lebih memastikan lagi bahwa piyek cukup menerima asupan gizi, sobat perlu menambahkan vitamin untuk burung (BirdVit) kedalam makanannya.

Setelah melewati usia 15 hari, sobat bisa mulai memberikan jangkrik yang masih kecil. Hilangkan kaki dan kepala jangkrik sebelum disuapkan kepada piyek. Setelah mulai terbiasa, sobat cukup menghilangkan kaki jangkrik bagian belakangnya saja (sutang) dan memencet kepala jangkrik dengan maksud mematikan si jangkrik. 

Setelah si piyek tumbuh lebih dewasa dan mulai bisa meloncat-loncat, sobat perlu memindahkan piyek kesangkar yang lebih besar. Bisa sobat pindahkan ke sangkar gantung. Tapi perlu untuk sobat ingat. Untuk menghindari terjadi luka pada kaki piyek, tetaplah memberikan landasan yang terbuat dari bahan yang sama dengan sarang sebelumnya pada sangkar piyek yang baru. Sementara untuk sarana belajar meloncat, berikan tangkringan susun atau tangkringan bertingkat di dalamnya.

Kembali pada induk si piyek setelah sobat memisahkan anaknya. Sobat bisa kembali merawat induk sama seperti pada TIPS MENJODOHKANKACER. Pada umumnya, antara 7 sampai 10 hari setelah hari perpisahan, kacer induk telah siap untuk bertelur lagi. Begitu seterusnya dan akan berubah ketika kacer induk dalam masa mabung.

So, siap untuk menangkar sobat..??? LAKSANAKAN…!!!!!

DOWNLOAD FILM GRATIS

Senin, 23 April 2012

PERAWATAN PADA KUKU KAKI KENARI

Yang berikut B'dane akan share sedikit tips untuk merawat kuku dan sisik pada kaki burung kenari. Nha, kira-kira perlu ga perawatan kuku dan sisik pada kaki burung kenari? B'dane kira, sobat sudah mengerti akan cukup pentingnya perawatan perawatan ini. Yups.. penampilan dari burung ini jika berkuku panjang dan bersisik tebal pasti akan mengurangi pesona keindahan dari burung tersebut. Selain itu, jika burung berkuku panjang, maka daya cengkraman kaki-nya pada rangkringan akan berkurang. Ini jelas akan merepotkan kenari itu sendiri. Tak hanya itu sobat, kuku yang panjang bisa juga mengakibatkan cideranya burung tersebut apabila kuku-kukunya tersangkut pada jeruji sangkar atau bisa juga terluka saat kaki mencengkram batang tangkringan yang kecil, ujung kuku bisa saja mennyentuh dan melukai bagian belakang kakinya.

Sebenarnya, merawat sisik kaki pada kenari bisa sobat lakukan sebelum sisik pada kaki kenari tersebut semakin menebal. Yaitu cukup dengan mengoleskan minyak tawon pada sisik-sisiknya menggunakan kapas. Lakukan ini secara rutin antara 3-5 hari sekali. Namun jika sisik kenari yang sobat pelihara terlanjur menebal. Sama seperti cara yang pertama, dan tunggulah beberapa saat. Sisik-sisik yang telah diolesi minyak tawon tersebut akan melunak, selanjutnya koreklah sisik-sisik tersebut secara pelahan dengan menggunakan jari tangan kita.
Memotong Kuku Kenari
Sedangkan untuk merawat kuku kaki burung kenari. ada dua hal yang harus sobat lakukan. Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah dengan memotong kuku kaki burung secara rutin. Caranya tidak sulit sobat, namun harus tetap hati-hati. Pertama siapkanlah gunting atau alat pemotong kuku lainnya. Selanjutnya, peganglah burung dengan menggunakan tangan kiri, sementara tangan kanan siap dengan alat pemotong kuku (lihat gambar memotong kuku kenari). Ingat sobat, jangan memotong kuku kenari terlalu pendek. Karena dikhawatirkan akan mengenai pembuluh darahnya. Karena jika sampai terpotong, akan sulit untuk menghentikan pendarahannya.
Hal yang kedua yang perlu sobat lakukan adalah memberinya tangkringan yang kasar. Sobat bisa membeli tangkringan di pasar-pasar burung, atau toko yang menjual asesoris pemeliharaan burung. Tanggkringan produk pabrik biasannya telah dilapisi pasir pada permukaanya. Lapisan pasir atau ampelas tersebut berfungsi untuk mengikis kuku-kuku pada burung agar tak terlalu panjang.
Berikut ini adalah contoh gambar tangkringan produk pabrik yang telah dilapisi ampelas.
Tangkringan Berampelas
Ket: 
-Warna hitam  : permukaan berlapis amplas
-Warna putih   : permukaan tanpa lapisan amplas
-A dan B         : terletak disisi kanan kiri tangkringan, berfungsi untuk mengasah paruhnya juga
                        membersihkan paruh burung seusai makan
-C                  : berfungsi untuk mengasah kuku agar tak terlalu panjang.
 
Sobat sekalian, jika kita lihat, di alam bebas burung-burung mempunyai kuku yang tidak terlalu panjang juga paruh nya yang tajam. Entah bagaimana mereka merawat itu semua, yang jelas ada media tertentu yang mereka gunakan untuk melakukan itu. Sedangkan burung yang hidup disangkar ataupun burung yang kita pelihara mempunyai media yang terbatas untuk melakukannya. Oleh karena itu, kita yang dalam hal ini adalah tuan si burung, berkewajiban untuk menyediakan fasilitas bagi burung yang kita pelihara agar burung tersebut bisa merawat dirinya sendiri dari naluri alamiah yang mereka milikki.
Demikian sedikit dari B'dane, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.. :)

DOWNLOAD FILM GRATIS

Minggu, 22 April 2012

MEMILIH BAKALAN PERKUTUT

Tertarik untuk memelihara Perkutut Sobat b’dane? Sedikit tips memilih bakalan perkutut untuk sobat. Dalam memilih burung perkutut bakalan, tidaklah semudah seperti memilih bakalan burung-burung lainnya. Sobat harus mempunyai ketelitian dan kejelian dalam hal ini jika tak ingin membeli karung dalam kucing. Eits, kebalik, kucing dalam karung maksud b’dane. Hehehe…. 

piyek perkutut dan induknya
Pada kasus yang satu ini, b’dane anggap sobat akan memilih seekor perkutut bakalan untuk dinikmati suaranya juga untuk perlombaan atau konkurs, so pasti syarat utama yang pertama sobat harus sobat lakukan adalah memilih bakalan perkutut yang jantan. Bakalan burung biasanya di sebut “piyek”, dan dalam pemilihan piyek (dalam hal ini piyek perkutut), bisa dilakukan saat piyek baru menetas (saat umur masih beberapa hari) atau saat piyek berumur 5 bulan (saat piyek mulai terdengar suara aslinya). Namun demikian, menentukan dan memilih bakalan perkutut yang baik saat piyek berumur dibawah 1 bulan sangatlah sulit, kecuali telah diketahui silsilah keturunan piyek tersebut, keturunan juara yang telah menurunkan banyak keturunan berkualitas misalnya. Oleh karena hal tersebut, lebih banyak para penggemar perkutut lebih memilih dengan memesan bakalan keturunan2 juara atau yang telah dikenal bagus kualitas indukkannya.

Perkutut
 Selanjutnya adalah membedakan antara bakalan jantan atau betina. Sebenarnya cukup mudah sobat, namun ini hanya bisa dilakukkan saat piyek berumur 4 bulan ke atas. Ciri fisik bakalan perkutut jantan mudah dibedakan dengan piyek betina, dari besarnya tubuh, bentuk kepala dan ciri bola mata. Besarnya tubuh piyek jantan lebih besar dari betina, bentuk kepalanya pun begitu, sedangkan bola mata, jantan mempunyai sorot mata yang tajam dan menonjol, sedangkan betina sorot matanya lemah dan tampak sayu. Selain itu, ciri yang paling jelas adalah melihat supit atau dua tulang dibawah anusnya. Supit piyek jantan lebih sempit dari pada supit piyek betina. Namun ada satu kasus dimana piyek yang telah diketahui berkelamin jantan, ternyata panjang supitnya tidaklah sama. Maka piyek tersebut walaupun mempunyai kualitas suara yang bagus atau keturunan dari perkutut konkurs yang baik, tidak akan menjadi pilihan penggemar karena dianggap telah cacat.

Pemilihan perkutut dibawah umur 4 bulan memang sangat sulit, namun bagi para penggemar yang sudah paham betul bagaimana memilih piyek yang baik pada usia tersebut, pastilah cukup paham. Sebelum masuk usia dewasa, suara asli piyek belumlah nampak, dan masih berbentuk suara angin. Dari suara angin tersebut, terdapat beberapa ciri bagaimana suara piyek tersebut nantinya. Ciri pertama suara angin piyek terdengar pess…pess…pes…  perkiraan suara perkutut jalan tiga atau engkel. Kedua, suara angin piyek terdengar pess…pess…pess…pess perkiraan suara perkutut dobel atau tumpang sari. Ketiga suara angin piyek terdengar pess…pess…pess…pess… perkiraan suara perkutut bisa engkel, dobel ataupun tumpang sari. Semakin piyek tersebut mendekati usia dewasa, suara angin yang terdengar akan semakin jelas.
Bagi sobat yang ingin membeli piyek berkualitas, biasanya ada dijual perkutut2 bakalan di showroom atau peternakkan2 ternama, namun harganya pun cukup mahal. Sedangkan bakalan2 biasa bisa dibeli di pasar burung dengan perkiraan harga antara Rp. 25.000 – Rp. 50.000.  bakalan perkutut yang banyak dicari biasanya adalah perkutut Bangkok. 

Pembeda perkutut bangkok dengan perkutut lokal, adalah pada cincin di kakinya. Itu karena jika dari segi fisiknya, perkutut lokal dan bangkok sangat sulit untuk dibedakan. Sobat bisa membaca Ciri Perkutut Lokal dan Ciri Perkutut Bangkok pada artikel b’dane sebelumnya sebagai referensi.
Dalam memilih perkutut bercincin pun harus tetap diperhatikan, tidak semua cincin yang dipakaikan pada perkutut itu menunjukkan kualitas perkutut. Karena telah banyak pemalsuan cincin tersebut baik yang benar-benar palsu dengan sengaja memasang cincin tersebut hanya untuk menimbulkan kesan bahwa perkutut yang dijual adalah perkutut yang bagus. Juga cincin yang asli namun perkutut yang dipasangi cincin bukanlah perkutut turunan perkutut berkualitas. Kasus kedua tersebut biasanya dilakukkan oleh peternak culas yang memanfaatkan nama dari pekutut juaranya. Dia memasangi piyek dari turunan perkutut yang biasa-biasa saja dan memasangi piyek tersebut denagn cincin ciri khas peternakkannya dan dijual dengan harga tinggi setara harga piyek berkualitas. 

Oya sobat, cincin perkutut biasanya bertuliskan nama peternakkan atau nama tertentu atau ciri khas tertentu yang menjadi ciri suatu peternakkan. Cincin perkutut mempunyai standart ukuran 41,. Cincin perkutut dipasangkan pada piyek saat usia piyek dibawah 15 hari. Itu karena kaki piyek perkutut akan tumbuh membesar dengan cepat dan akan sangat susah untuk memasangkan cincin pada kakinya. Cincin yang berukuran selain 41 perlu sobat curigai, biasanya cincin palsu yang dipasangkan pada perkutut berukuran 44. sobat bisa membuka kembali Ciri Perkutut Bangkok sebagai referensi.

DOWNLOAD FILM GRATIS

Jumat, 20 April 2012

JENIS KENARI (lagi)


Norwich Canary

Norwich Canary warna putih kekuningan
yang sangat sulit ditemui
Norwich Canary

Masuk dalam kategori “type canari” Norwich Canary mempunyai sejarah tersendiri.  Burung ini dipelihara dan dilestarikan oleh para penenun bangsa flam yang melarikan diri sampai kedaratan Inggris untuk menghindari pembantaian oleh bangsa Spanyol. Ciri khas burng ini sebagai “type canary” adalah ke”bulat”annya. Bulunya yang lebat dan tebal berbentuk bulat, Dadanya yang bidang, dengan punggung yang pendek dan lebar serta sayap dan ekor yang pendek pula. Warna burung ini didominasi oleh warna hijau, warna yang paling jarang dtemui adalah warna putih. Burung ini mempunyai panjang antara 15-16 cm.

Parisian Frilled Canary

Parisian Frilled Canary
Dengan bulunya yang berjumbai, Parisian Frilled Canary adalah burung yang terbesar dari semua jenis frill canary yang ada saat ini. Penampilan burung ini adalah alasan utama pengembangannya, pesona menggairahkan yang indah sangat terlihat dari Parisian. Bulu ekornya yang berjumbai, “helm” di kepalanya, bulu yang menutupi dahinya, efek yang “syur” di pipinya juga bulu di bagian kerahnya. Meskipun pangembangan burung ini sangat mengejar penampilan, namun burung ini mempunyai kemampuan bernyanyi yang  cukup baik seperti kenari pada umumnya.

Red Factor Canary

Red Factor Canary
Adalah Dr Huns Duncker dari Jerman, orang yang pertama kali mengembangkan Red Factor Canary sekitar tahun 1930an. Kawin silang dari siskin merah sebagai jantannya dan kenari kuning sebagai betinanya. Sebagian sumber mengatakan si betina adalah keturunan Border, namun sebagian mengatakan keturunan roller jerman.

Burung ini sangat populer dengan gerakanya yang aktif dan bergairah. Relatif mudah untuk dipelihara dan ditangkar namun demikian tetap membutuhkan usaha yang keras. Red Factor Canary  merupakan jenis “color Canary” dan masih mempunyai darah Color Bred Canary, namun demikian “Red Factor” tetap menjadi struktur utama genetiknya.

 Roller Canary

Roller Canary
Song Canary yang satu ini oleh karena keindahan warna suaranya sering  juga disebut Hartz Mountain Roller Canary. Roller Canary dikembangkan besar-besaran di daerah pegunungan Hartz. Ratusan keluarga menangkar dan melatih kenari ini disana. Pelatihan kenari satu ini dahulunya adalah dengan cara memasukkannya kedalam sangkar kecil dan dibiarkan mendengar suara burung lain yang  dianggap merdu atau burung  yang telah memenangkan lomba misalnya agar dapat menirukan suara burung tersebut. Namun dewasa ini cara demikian telah ditinggalkan, cara yang lebih efektif dan efesian adalah dengan memperdengarkan rekaman suara burung dari piringan hitam, CD, atau sejenisnya. Sering disebut sebagai suara pemaster.

Spanish Timbrado Canary

Spanish Timbrado Canary

Sesuai dengan namanya, burung ini pertama kali dikembangkan di Negara Spanyol pada tahun 1950an. Spanish Timbardo Canary adalah persilangan dari burung Finch kicauan dan kenari liar. Oleh karena itu bentuk fisik dari kenari yang satu ini sangat mentyerupai bentuk fisik kenari alam. Suara burung ini sesuai dengan namanya, suara ketukannya  terdengar bagai suara castanyet spanyol (alat musik dari Spanyol).  Walaupun keras namun tidaklah berisik. Spanish Timbrado Canary termasuk golongan “song Canary”, namun demikian burung ini juga mempunyai penampilan warna yang indah karena dikembangkan dari indukkan yang mempunyai berbagai  warna yang indah.

DOWNLOAD FILM GRATIS

Rabu, 18 April 2012

CIRI PERKUTUT BANGKOK

Setelah pada artikel sebulumnya b’dane share artikel tentang Ciri Perkutut Lokal, kali ini b’dane akan share Ciri Perkutut Bangkok. Namun begitu, mencari perbedaan kedua jenis perkutut ini sangatlah sulit. Itu karena pada dasarnya dua burung ini berasal dari indukkan yang sama. Yaitu sama-sama Perkutut Jawa/Perkutut Lokal.

Kilasan Sejarah
Ihwal cerita perkutut bangkok adalah pada jaman romusha, dimana saat itu pekerja romusha dikirim ke negeri Jepang untuk melakukan kerja paksa disana. Dan entah bagaimna ceritanya, beberapa pekerja membawa burung perkutut dari jawa pergi ke negeri Jepang sebagai sarana hiburan. Barangkali sebagai penawar rindu pada kampung halaman juga. Hehehehe….

Sejak saat itulah perkutut mulai dikenal disana hingga meramba ke Muangthai. Di Muangthai sendiri, perkutut liar atau perkutut asli hutan Muangthai tidaklah ada. Perkutut yang berada di Muangthai pada awalnya juga berasal dari pulau Jawa. Mereka menyebut burung perkutut dengan nama “Nukhao Chewah” atau dalam bahasa kita berarti Burung Jawa. 


Pengembangan perkutut ini baru dimulai sekitar tahun 1950an. Bahkan para penggemar perkutut yang berniat menangkar dan mengembangkan burung ini, rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan burung perkutut jawa yang berkualitas untuk dijadikan indukkan. Dan rupanya, tidaklah sia-sia apa yang telah dilakukkan. Salah satu daerah penangkaran perkutut yang cukup tenar adalah Channa, 400 km arah selatan dari kota Bangkok.

Sebelum memasukki tahun 1980an, burung berkutut Bangkok belumlah banyak dikenal. Dalam perlombaan, burung ini selalu saja tersisih dan belum mampu bersaing dengan perkutut lokal di Gelanggang Konkurs (perlombaan) Perkutut Indonesia dalam hal irama manggung yang memang masih kalah bagus.

Namun demikian, banyak para penggemar perkutut yang mengakui bahwa perkutut Bangkok mempunyai keunggulan tersendiri. Suara Bassnya yang besar serta bunyi “khooong”nya yang menghentakk rata adalah keistimewaan daripada burung ini. Selain itu juga dari segi usia, umur 8 bulan sampai setahunan burung ini sudah bisa manggung. Saat umur 3 tahun sudah gacor dan rajin manggung.

barulah pada pertengahan tahun 1980, tepatnya pada bulan mei, Menteri Negara Urusan KLH (Kementrian Lingkungan Hidup) yang saat itu dijabat oleh Emil Salim, melarang konkurs burung yang bukan berasal dari hasil penangkaran/peternakkan. Sejak saat itulah nama perkutut Bangkok mulai terangkat dan sedikit demi sedikit mulai merajai kontes-kontes di gelanggang konkurs Indonesia. Karena pada saat itu masih jarang perkutut lokal diternak oleh para penangkar.

Ciri Perkutut Bangkok

Seperti yang b’dane bilang di awal artikel, antara perkutut lokal dan perkutut Bangkok sangatlah sulit untuk dibedakan. Satu2nya yang menjadi pembeda umum pada perkutut Bangkok adalah pemberian gelang alumunium pada kakinya sebagai tanda pengenal. Saat ini gelang pengenal juga digunakan sebagai tanda pengenal pada perkutut blasteran (persilangan jantan lokal dengan betina bangkok). Gelang pengenal itu dipasangkan saat perkutut masih “piyek” berusia sekitar 7-10 hari.


Untuk sobat ketahui jika sobat berniat untuk membeli perkutut Bangkok, maka lihatlah gelang pengenalnya.  Gelang yang baik mempunyai bentuk sempurna tanpa adanya sambungan atau bekas pateri. Kalau gelang pengenal pada perkutut terdapat bagian yang cacat atau rusak, maka sobat wajib curiga pada keaslian burung tersebut.

Dari segi makanan, bijian-bbijian berupa kenari seed dan millet sangat disukai oleh burung ini. Baik ketika burung masih bakalan ataupun setelah dewasa dan menjadi perkutut yang gacor suaranya. Jemawut dan ketan hitam tidaklah begitu disukai, kecuali jika terpaksa. Misal saja jika kenari seed dan millet dalam wadah makananya telah habis, dan perutnya telah merasa lapar, barulah jemawut atau ketan hitam tadi disantapnya.
Sobat, b’dane rasa hanya segini dulu yang b’dane share tentang ciri-ciri perkutut Bangkok, semoga saja nermanfaat bagi sobat, andai sobat ada tambahan, sangat b’dane harapkan untuk masukkan.

DOWNLOAD FILM GRATIS

MASIH JENIS KENARI

Masih tentang jenis-jenis kenari yang ada saat ini sobat b'dane. Lanjutan dari artikel sebelumnya Fancy Canary, berikut ini b'dane akan share tentang jenis-jenis kenari lainnya. Sebagai catatan, tidak semua jenis kenari yang b'dane share ini terdapat di Indonesia. Semoga sobat b'dane terhibur.

Color Bred Canary
Color Bred Canary
Jenis yang satu ini termasuk dalam jajaran varietas kenari yang paling populer. Hampir di seluruh pelosok dunia Color Bred Canary ini dipelihara orang. Burung ini banyak dipelihara karena keindahan warnanya, dengan body yang relatif kecil. Untuk perlombaan, selain harus cantik, burung ini juga harus aktif dan menghibur. Color bred canary juga cukup mudah untuk dipelihara, namun sayangnya burung ini tidak mudah berkembang biak.oleh karenanya, diperlukan perhatian khusus dalam proses penangkarannya agar menghasilkan keturunan yang berwarna-warni pula.

Pengembangan varietas Color Bred Canary bisa dibilang relatif baru, sekitar pertengahan tahun 1900. Sampai saat ini telah ada ratusan versi untuk jenis Color Bred Canary.

Crested Canary

Crested Canary termasuk dalam Posture Canaryy” atau “Type Canary”. Burung ini telah ada sejak tahun 1950, awalnya dikenal dengan sebutan “turn Crown”dan pada abad ini lebih dikenal dengan sebutan “King Of The Fancy”.  CREST Canary ada dua jenis, yang bermahkota dikepalanya dan yang polosan tanpa mahkkota.
Crested Canary
 Dalam skala lomba untuk jenis yang bermahkota, mahkotanya  haruslah besar serta mengembang. Dimulai dari tengah-tengah kepalanya kedepan sampai hampir sejajar dengan matanya hingga matanya hampir tertutup. Begitu juga dengan bagian belakang, mahkotanya haruslah mengembang sampai dibelakang kepalanya. Tak hanya itu, mahkotanya haruslah tebal dan luas serta bulu-bulunya lebat lembut dan lebat.Crested Canary termasuk kenari yang berbadan besar. Oleh karenanya kepala dan lehernya haruslah besar dan pendek, badan bidang.

Lizard Canary
Lizard Canary
Lizard Canary, burung kecil cantik nan elok ini termasuk dalam “type Canary” sempat hampir punah pada awal tahun 1900an, penyebabbnya dua peristiwa besar dunia, PD1 dan PD2, juga merebaknya wabah penyakit saat itu. Populasi Lizard benar-benar berkurang, hanya tersisa beberapa pasang saja ketika kembali dikembangkan pada pertengahan tahun 1940an. Ini semua tidak lepas sdari kerja keras Lizard Canary Association (asosiasi kenari kadal) di Inggris Raya yang dibentuk pada tahun 1945. 

Lizard Canary
Kenapa “Lizard”lah nama yang disandang burung ini? Jawabannya karena pola warna bulunya yang sangat mirip dengan sisik kadal. Didominasi warna coklat kekuningan dan warna putih, Lizard Canary kembali populer saat ini, setelah pengembangan di prancis tahun pada 1700an terpuruk akibat adanya dua perang dunia dan wabah penyakit yang menjangkit.

Northern Dutch Frilled Canary

 Dikembangangkan pada abad ke 18 sebagai “Type Canary” dengan golongan “frill”. Walaupun pada  umumnya Frill Canary tergolong sebagai kenari bertubuh besar karena ukuran panjangnya bisa melebihi 20 cm, namun untuk jenis yang satu ini termasuk frill yang kecil dengan ukuran panjang rata-rata 15-16 cm. 

Northen Dutch Frilled Canary
Dalam skala lomba, burung ini wajib memilikki tiga bagian bulu antara lain jabot, fin dan mantle. Jabot adalah bagian dibagian dadanya yang berombak dan menggulung kearah dalam,  jabot harus datang dari setiap sisi dada dan membentuk satu kerutan yang masing2 bertemu dibagian tengahnya. Jika dilihat,seolah bentuk kerang yang sedang tertutup. Fin, adalah bagian bulu yang datang dari paha. Panjang dan berjumbai, bergerak keatas sampai kesekeliling sayap. Sementara mantle adalah bagian bulu dipunggungnya yang seolah membelah  punggun dan jatuh secara sintetis.

Northen Dutch Frilled Canary
Jika  seorang pengembang berhasil mengembangkan burung ini, maka akan tampak keindahan dari pesona bulunya yang terbalik (frill), namun sebaliknya, jika kegagalan yang datang, burung ini akan tampak buruk karena kesan ganjil yang ditimbulkan dari bentuk tubuhnya itu.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis kenari yang belum b'dane share. tapi tenang saja kawan, sebisa mungkin akan b'dane share selengkap mungkin tentang jenis kenari di postingan selanjutnya. semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua tentang pesona burung yang satu ini.

DOWNLOAD FILM GRATIS

TIPS MENJODOHKAN KACER

Langsung saja sobat b’dane, dalam pemilihan induk untuk dijodohkan, sebenarnya tidak terlalu sulit. Cukup pilih burung kacer yang sehat, gacor atau sudah bisa bernyanyi, dan juga tidak mempunyai cacat fisik. Pilihlah untuk induk jantan yang mempunyai usia lebih tua dari induk betinanya. Usia jantan sekitar 2 tahun dan betinanya sekitar 1 tahunan. Selain itu, pilihlah yang sudah cukup jinak dan tidak terlalu takut kepada manusia. Gampangnya, pilihlah yang tidak “giras”.

sepasang kacer

Untuk proses perjodohan kedua induk tersebut, sobat bisa menggunakan kandang yang telah disekat, bisa juga menggunakan sangkar harian yang biasa. Lakukan perjodohan dengan mendekatkan atau menempelkan sangkar kedua indukkan. Pada proses ini bertujuan agar si jantan saat birahi, selalu mengarahkan kicaunya pada si betina. Proses ini tidak selalu berjalan mulus,bisa cepat bisa juga lama, pengaruh besar tergantung birahi si betina, karena pada umumnya birahi betina lebih lambat munculnya daripada birahi jantan. Tanda-tanda birahi betina mulai muncul adalah saat sijantan mengarahkan kicau birahinya, maka si betina akan merespon dengan siulan-siulan balasan yang khas dilanjutkan dengan menggetar-nggetarkan sayapnya dan selalu mendekat pada si jantan. Namun jika betina cuek, dia akan selalu menghindar dan itu pertanda maka kedua induk belum berjodoh.

kacer jantan

Agar kedua indukkan cepat bejodoh, sobat bisa memberikan EF (extra food). Berikut tips pemberian ef untuk memancing birahi kacer:
  • berilah EF dihari pertama, misalnya pada jantan ataupun betinanya berilah jangkrik masing-masing 10 ekor.
  • dihari kedua, kurangilah jatah jangkrik untuk betina 5 ekor sementara untuk jantannya, tetaplah beri 10 ekor.
  • dihari ketiga, sama sekali hilangkan jatah jangkrik untuk betina, ini bertujuan untuk memancing sibetina. Karena pada saat seperti itu, sijantan yang tetap mendapat jatah jangkrik, akan memainkan jangkrik yang akan dia makan di mulutnya. Tujuan sijantan tidak lain adalah untuk “meng-iming-iming” si betina yang kelaparan EF (jangkrik), sehingga dia akan mencoba untuk meminta jatah jangkrik pada si jantan.
Proses diatas bisa sobat ulangi selanjutnya. Untuk waktu yang dibutuhkan tidak bisa kita tentukan, bisa seminggu dua minggu ataupun bulanan tergantung kacer itu sendiri. Untuk mencobanya, masukkan kedua burung dalam satu kandang, kalau mereka berantem berarti belum jodoh, karena pada umumnya indukkan yang belum berjodoh akan berantem jika dimasukkan dalam satu kandang yang sama. Sebenarnya kedua burung bisa sobat masukkan dalam satu kandang dari awal proses, dengan catatan kedua burung dalam kondisi mabung, karena saat mabung, tidak ada sifat agresif pada calon jodohnya.

anak kacer

Jika pada proses perjodohannya sangatlah sulit, sobat b’dane bisa memberikan peningkat birahi untuk burung yang banyak tersedia di pasaran. Salah satu contohnya adalah BIRDMATURE. Sebagai tambahan, pola makan untuk burung tangkar cukup standart saja, namun demikian, porsi untuk burung tangkar pada umumnya lebih banyak dari pada burung peliharaan biasa. Untuk asupan makanan yang seimbang, bukan hanya sekedar “ada baikknya” tapi “sangat dianjurkan” sobat mengetahui tentang vitamin-vitamin untuk burung juga tentang kandungan mineral pada makanan burung. Karena banyak beredar dipasaran makanan burung yang tidak menyertakan tentang informasi komposisinya, juga kadang ada juga yang tidak memenuhi standar asupan gizi untuk burung.

siap untuk memulai sobat???
DOWNLOAD FILM GRATIS

Selasa, 17 April 2012

KANDANG PENANGKARAN KACER

Sobat b’dane, kali ini b’dane akan share tips untuk menangkar burung kacer. Di mulai dari persiapan kandang untuk menangkar kacer.

Kandang
Berikut adalah sketsa ringan untuk membuat kandang ukuran P x L x T = 100x90x200cm (untuk ukuran bahan bisa sobat b’dane sesuaikan dengan ukuran kandang)

tampak sisi dalam

Ket:
  • A - B : lokasi penempatan sarang; bisa sobat beri dua ataupun tiga tempat, biarkan burung  memilihnya sendiri dimana akan bersarang.
  • C : atap tertutup
  • D : atap terbuka (gunakan kawat strimin)
  • E : Wadah air digunakan untuk tempat mandi burung.
  • F : papan untuk wadah pakan dan air minum
  • G : angkringan
Untuk bahan bisa sobat b’dane ambil dari apa saja asalkan kokoh dan kuat tergantung kekreatifan sobat. Hehehehe…..
Dinding kanan kiri dan belakangnya bisa sobat gunakan papan triplek atau sejenisnya.
Bagian atas kandang yang tertutup bisa langsung sobat tumpuk dengan genting setelah bagian atas tertutup dengan kawat strimin.
Bagian bawahnya buatlah seperti sangkar gantung atau sejenisnya agar mudah dibersihkan kotorannya.
Untuk angkringan b’dane sarankan menggunakan kayu asem atau kayu jati serutan, tapi bisa kayu apa saja asalkan keras dengan diameter 2-3 cm.

Berikutnya bagian depan kandang, berikut sketsa ringannya:

tampak sisi depan

Ket:
  • A : kawat strimin supaya sobat bisa melihat kacer dari luar.
  • B :  Jendela digunakan untuk keluar masuknya tangan  saat mengganti makan atau air minum.
  • C : dinding, gunakan triplek atau sejenisnya
  • D : pintu, digunakan untuk keluar masuk orang.

Kotak Sarang

Untuk kotak sarangnya bisa sobat lihat disketsa ringan berikut, ada beberapa macam kotak sarang:
contoh wadah sarang
Atau bisa juga sobat buat tempat sarang yang anti semut, bisa juga sobat gunakan untuk tempat makan, sketsanya seperti berikut ini:
tempat sarang atau makanan anti semut

Setelah kandang yang sobat b’dane buat selesai, masukkan bahan untuk menyusun sarang kacer berupa daun cemara atau pinus dan merang di bagian bawah kandang di tempat yang kering, atau sobat tambahkan wadah untuk tempat bahan penyusun sarang.. Untuk merangsang agar kacer menempati wadah sarang yang sobat siapkan, berikan sedikit pinus/cemara atau merang di wadah tempat sarang.

so.. siap untuk menangkar sobat....???

DOWNLOAD FILM GRATIS

TERIAKKU, MAAF INDONESIAKU


Dibangun dengan darah...
Dihancurkan oleh jarah...
Merdeka dengan air mata..
Terjajah oleh gelak tawa...


Bangsaku..

Berdiri kar'na tekad rakyat nan semangat...
Terjatuh karena bejat moral pejabat...
Mulia kar'na juang dengan semangat membara..
Hina kar'na hutang untuk pesta pora...


SENANG KALIAN...!!! SENANG...?!?!?
PUAS DENGAN APA YANG KALIAN LAKUKAN...???


INDONESIA....
Maafkan kami yang tersisih ini,yang tak bisa berbuat apa-apa kar'na hukum mereka,kar'na pajak mereka,kar'na birokrasi mereka,kar'na sistem mereka....
Kami hanya bisa berdo'a....
Maafkan kami, yang hanya bisa berdo'a...
Yang hanya bisa berdo'a...
Karena tirani mereka...

DOWNLOAD FILM GRATIS

FANCY CANARY

Belgian Fancy Canary

Belgian Fancy Canary

Salah satu kenari yang menjadi sejarah penting perkembangan burung kenari dalah jenis yang satu ini, “Belgian Fancy Canary”. Jenis ini adalah jenis kenari yang menurunkan beberapa varietas kenari yang cukup populer dewasa ini. Pengaruh besar burung ini adalah pada pengembangan kenari postur dan kenari frill. Belgian Fancy Canary ini mempunyai bentuk tubuh yang seolah cacat. Postur tubuhnya berbentuk punuk seperti bulan separuh yang terbalik, dengan kepala kecil yang tampak seperti kepala ular. Sayang sekali kenari belgia ini sulit untuk ditternakkan. Telur burung ini lebih sering dieramkan pada burung lain, selain itu burung ini tidak ahli dalam mengurus anaknya.

Border Fancy Canary

Border Fancy Canary

Masih sodara dengan kenari Belgia, Border Fancy Canary juga termasuk dalam posture variety canary, kenari yang dikembangkan dengan tujuan mencari postur yang bagus. Burung ini mempunyai julukkan “wee Gem” dengan postur kecil yang cantik tapi bodynya tampak serasi dan kokoh. Tubuhnya bulat dan bulunya mengkilap. Panjang tubuhnya mencapai 14 cm.  Sebagian besar kenari jenis ini berwarna kuning. Bentuk tubuh yang bulat menjadi tolak ukur untuk menentukan keindahan burung ini. Pertama kali dikembangkan di daerah perbatasan (border) Skotlandia dan Inggris. Itulah sebabnya kenapa Border menjadi nama depan Fancy Canary yang terkenal dengan ke”bulat”annya ini.

Fife Fancy Canary

Fife Fancy Canary

Begitu juga dengan Fife Fancy Canary, dikembangkan dengan tujuan mendapatkan keindahan karakter fisik. Dikembangkan pertama kali tahun 1950an oleh penangkar dari Skotlandia dan beberapa penangkar lainya disuatu daerah yang bernama Fife. Burung ini mempunyai karakter fisik yang sangat mirip dengan Border Fancy Canary karena sebnarnya burung ini masih turunan dari burung birder, satu-satunya perbedaan kedua burung ini adalah perbedaan ukuran tubuh. Ukuran Fife Fancy Canary tidak boleh melebihi 11cm saat perlombaan diluar negeri. Jika seorang penangkar mengembangkan burung ini tapi ternyata ukuran tubuhnya lebih dari 11 cm, maka burung tersebut tidak bisa masuk dalam kategori Fife Fancy Canary. Burung ini cukup mudah untuk diternakkan dan mempunyai variasi bulu yang cukup luas.

Gloster Fancy Canary

Carona Gloster

Consort gloster


Gloster Fancy Canary ini hampir mirip dengan Fife canary, saat memasukki perlombaan, panjang badannya tak boleh melebihhi 11cm. jenis burung ini ada 2 versi, yang bermahkota disebut dengan “Carona” dan satunya, polos tak bermahkota disebut dengan “Consort”. Sebagian besar burung ini memilikki warna kuning dan sayapnya putih agak kehijau-hijauan, sama dengan bagian ekornya.
DOWNLOAD FILM GRATIS

Senin, 16 April 2012

AMERICAN SINGER CANARY

American Singer Canary

Sesuai namanya, kenari ini mempunyai kualitas yang tak diragukan lagi, tidak hanya itu, dari segi fisik, American Singer Canary juga mempunyai penampilan yang elok dipandang mata. Salah satu produk kenari yang bisa dibilang produk terbaik. Baik dari segi nyanyian maupun posturnya. Kenari ini termasuk kenari berukuran kecil yang sangat aktif dan kuat serta mudah dirawat, sangat cocok untuk pemula yang ingin terjun ke bidang penangkaran kenari. 

Pada dasarnya, Sebagai kenari yang masuk golongan “song Canary”, American Singer Canary dan “song Canary” lainnya harus mempunyai suara atau nyanyian yang khas dan berbeda antara “song canary” yang satu dengan yang lainnya. Jenis kenari lain yang termasuk kategori “song Canary” antara lain adalah “Spanish Timbrado Canary, Roller Canary, Waterslager Canary dan Rusian Singer Canary”.

Sedikit kilas balik di tahun 1930an, sekelompok wanita di Amerika Utara yang selanjutnya di kenal dengan sebutan The Eight Boston House Wives, mengawali dengan gagasan untuk pengembangan kenari yang tidak hanya memilikki postur yang indah, tapi juga kualitas suara yang indah. Akhirnya terciptalah North American Canary, persilangan dari 70% Border Canary dan 30% German Canary. Hasil persilangan tersebut, saat ini lebih dikenal dengan sebutan American Singer Canary, penyebarannya meluas didaerah Amerika dan sekitarnya.. American Singer Canary mempunyai panjang badan sektar 14,6 cm. macam warna dari burung ini, putih, hijau, oranye, biru, kuning, warna perunggu, dan masih banyak lagi warna lainnya. 

Gimana sobat b'dane? tertarik untuk mulai menangkar kenari jenis yang satu ini????
DOWNLOAD FILM GRATIS

MENGENAL VARIETAS KENARI

Sobat, kali ini b’dane akan sedikit share artikel tentang varietas kenari, semoga bias bermanfaat. Uyeeeaahhh…..

Gloster Fancy Canary

Song Variety atau varietas lagu, adalah pengembangan kenari yang bertjutuan untuk menghasilkan varietas kenari dengan kemampuan bernyanyi maksimal yang sedikit  menghiraukan masalah warna ataupun postur tubuh dari burung tersebut.

Color Bred Variety atau varietas warna, adalah pengembangan kenari yang bertujuan untuk menghasilkan varietas kenari dengan keelokan warna sebagai prioritas utamanya tanpa mengejar kemampuan bernyanyi kenari. Indah ataupun biasa-biasa saja nyanyian kenari yang dihasilkan bukanlah menjadi masalah.

Posture Variety atau varietas posture, adalah pengembangan kenari yang bertuuan untuk menghasilkan varietas kenari  dengan postur yang bagus dan sedikit memperhatikan masalah keindahan warna. Masalah kemampuan bernyanyi sama sekali diabaikan untuk pengembangan varietas yang ini.

Mule and Hybrid Variety atau bagal dan hybrid varietas, adalah pengembangan kenari dengan meng-kawin-silang-kan kenari dengan jenis burung finch yang lainnya. Pengembangan varietas seperti ini bertujuan untuk menghasilkan kenari yang menonjolkan sifat tertentu, baik itu dari segi suara, warna ataupun postur tubuhnya. Salah satu contohnya adalah penyilangan Yorkshire dengan lizard, atau Yorkshire dengan  blacktrouth ataupun yang lainnya.

Mix Variety atau varietas campuran (blasteran), adalah pengembangan varietas yang bertujuan untuk memuaskan hasrat si pengembang. Varietas jenis ini menyilangkan semua hasil dari jenis keempat varietas diatas,  apapun jenis yang dihasilkan tidak menjadi maslah. Bisa dikatakan varietas jenis ini adalah varietas eksperimen.

Lizard Canary

Beberapa jenis kenari dari pengembangan Varietas yang diatas:
  • Color Bred Canary
  • Gloster Fancy Canary
  • Belgian Fancy Canary
  • American Singer Canary
  • Parisian Frilled Canary
  • Yorkshire Canary
  • Border Fancy Canary
  • Fife Fancy Canary
  • Northern Dutch Frilled Canary
  • Roller Canary
  • Crested Canary
  • Stafford Canary
  • Scotch Fancy Canary
  • Red Factor Canary
  • Lizard Canary
  • Spanish Timbrado Canary
  • Norwich Canary
  • Waterslager Canary
  • German Hartz Roller Canary dsb...
berikur ini adalah contoh gambar jenis-jenis burung kenari:


Sekiranya kayaknya sepertinya segini dulu sobat b’dane.hehehe.. kalo ada yang kurang dan salahnya mohon dimaafkan dan dimaklumi. sangat berharap banget ada tambahan dari sobat b'dane. hehehehe...

DOWNLOAD FILM GRATIS